Apartemen dengan Desain Unik dan Kontemporer

Sebuah unit aparteman sering menjadi pilihan alternatif untuk sebuah tempat tinggal yang banyak diminati kaum urban dewasa ini. Dengan nilai kepraktisan dan nilai keamanan yang diutamakan pada sebuah unit apartemen tentulah tidak lantas meninggalkan arti hunian sesungguhnya. Dengan demikian, ketenangan dan kehangatan keluarga masih dapat diperoleh dengan optimal dalam sebuah apartemen.

 

BEGITU PULA yang menjadi prioritas bagi pembangunan kompleks Lavenue yang berlokasi di salah satu daerah padat dan ramai di ibu kota Jakarta. Dengan mengusung konsep mixed-use development yang dilengkapi dengan tower perkantoran, destination centre, dan dua tow er apartemen, Lavenue hadir sebagai tempat untuk mengakomodasi kebutuhan kaum urban, dengan segala optimalisasi aspek fungsi dan aspek kepraktisannya. Konsep apartemen sebagai pilihan tempat tinggal praktis dapat juga merupakan tempat “pelarian “ dari keramaian dan keriuhan kota metropolitan dengan desain simpel yang tetap homey.

Hal inilah yang terlihat pada unit apartemen contoh yang diliput Griya Asri ini.Unit apartemen dengan luas 106 m2 ini dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu kamar tidur asisten rumah tangga, pantri, ruang makan, dan ruang keluarga yang didesain dengan konsep interior modern kontemporer. Sesuai dengan konsep keseluruhan kompleks Lavenue mixed-use development ini yang mengusung konsep young and fresh sehingga menyuguhkan tampilan desain . yang baru dan chic. Konsep ini juga tidak terlepas dari sebuah perwujudan hunian yang mengedepankan unsur praktis dan fungsional.

Yuni Jie sebagai desainer int eriornya, telah mendesain unit apartemen contoh ini dengan eksplorasi layout yang dibuat saling terbuka antarruangnya. Hal ini terlihat saat memasuki unit apartemen ini yang diawali oleh area pantri, ruang makan sampai ruang keluarga yang dibuat menyatu dengan pola mengalir. Untuk mendukung kesan lapang pada unit apartemen ini, dominasi warna putih pun menjadi pilihan. Pemilihan pengerjaan furnitur built in dengan bentuk yang clean line dilapis dengan warna putih seperti pengerjaan kabinet pant ri, konsol TV, dan rak display di ruang keluarga menggunakan cat duco putih semi-glossy

Selain aplikasi warna put ih, Yuni juga memasukkan warna lain yang dapat memunculkan kesan “hangat” dan masih tetap memberikan kesan teduh serta menenangkan seperti warna krem dan abu -abu atau bahkan memasukkan warna pastel dan warna catchy sebagai paduan warna yang memberi aksen. Desainer memberikan sentuhan berbeda pada dinding ruang keluarga dengan aplikasi wallpaper bertekstur warna abu-abu di back panel pada konsol TV. Untuk memberikan kesinambungan warna, Yuni juga menaruh karpet berwarna abu- abu. Adapun untuk ruang tidur utama, seperangkat furnitur yang serbaputih dengan finishing duco semi­glossy diberi aksen warna biru muda seperti pada bantal (cushion) dan beberapa aksesori dekorasi.

Bekerja sama dengan desainer lighting Abdi Ahsan dari Lumina, Yuni menghadirkan cara lain untuk menghasilkan kesan “hangat”“ pada unit apartemen contoh ini yaitu dengan pengolahan desain tata pencahayaannya. Aplikasi pencahayaan dalam unit apartemen ini banyak menggunakan warna-warna warm ke arah warna kuning. Selain lampu general dari downlight, indirect lamp juga merupakan salah satu sistem penerangannya dengan pendar lampu yang membuat suasana lebih homey dan hangat. Sebagai aksennya yang catchy dan perwujudan desain modern kontemporer, terdapat aplikasi lampu gantung berdesain unik hadir mengisi ruang makan dan kamar tidur utama.

Untuk menyikapi keterbatasan ruangan, Yuni memilih loose furniture dan mengaplikasikan beberapa smart trick interior. Loose furniture dengan bentuk yang simpel dan ukuran yang proposional dengan ruangannya merupakan pilihan untuk mengoptimalkan luasan ruang dalam. Seperti pemilihan seperangkat furnitur ruang makan dan sofa di ruang keluarga. Adapun solusi untuk membuat ruangan terasa lebih luas adalah aplikasi cermin pada satu dinding ruang makan. Untuk memberikan kesan “ringan “ dan tidak masif, meja makan pun dipilih dari material kaca.

Sebuah perwujudan hunian kaum urban dapat terealisasi di dalam unit apartemen ini tanpa harus meninggalkan kesan yang homey seperti layaknya pada sebuah rumah tinggal.

Leave a Reply