DESAIN Perumahan BERWAWASAN “HIJAU “

UNTUK mewujudkan sebuah perumahan yang benat-tbenar green diperlukan upaya yang benar-benar green, diperlukan upaya yang serius. Berbagai aspek harus dipertimbangkan dan direncanakan dengan matang,mulai dari pengolahan tata guna lahan, pelestarian eksisting aspek tata guna air aspek polusi  manajemen sampah, waste water treatment  sampai  pada pertimbangan hemat energi dan pengunaan material lokal. Upaya ini merupakan pekerjaan dasar yang harus juga disesuaikan dengan aspek arsitektural, aspek desain interior dan aspek kenyamananbagi penghuninya

Biasanya hal yang paling menjadi kendala adaiah masalah biaya yang tentu akan semakin membengkak dan memberatkan para konsumen. Masalah mi merupakan hal yarg umum dijumpai di kalangan pengembang atau kalangan industi properti, karena dibandingkan dengan membangun secara biasa biasa saja maka membangun kawasan dan perumahan yang green merupakan beban tambahan bukan benefit tambahan.

Itulah sebabnya diperlukan pengorbanan, komitmen, dan kemauan yang kuat dari para pengembang untuk mulai mennerapkan aspek green pada proyeknya. Disamping itu juga diperlukan motivasi dan pengetahuan yang benar dalam menjalankannya. Karena banyak juga pengembang yang hanya memberi label green pada proyeknya untuk tujuan komersial tanpa menerapkan prinsip green sama sekali.

Memulai penerapan aspek green pada kawasan Clumbuleuif Gegerkalong Bandung ini bermula dari einer sebagai pmpinan PT Wahana Bangun Prima yang tergugah untuk menerapkan aspek paa beberapa kawasan yang dibangun di Bandung. Einer melihat potensi perumahan dan lingkungan alam Bandung yang semakin menurun kualitasnya. Pengembang banyak yang tidak dapat mempertimbangkan aspek pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Niatnya ini mulai diterapkan pada beberapa perumahan seperti The Green Ciumbuleuit, The Papyrus Garden dan Papyrus Terrace. Perumahan – perumahan dikembangkan dengan sistem cluster dan sistem keamanan 24 jam sehingga penghuni akan merasa aman dan nyaman. Selain itu lingkungan yang bersih dan hijau dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan berkualitas. Suasana rumah tropis berpadu dalam gaya arsitektur modern dengan pembagian ruang demi ruang yang sesuai dengan fungsinya diharapkan dapat membuat penghuni merasa  “betah “ berada di huniannya. Hadirinya fasilitas yang terbuka hijau dengan penataan lengkap yang simpel menciptakan suasana hunian yang sangat nyaman dan asri.

Untuk membuat desain yang berwawasan  “hijau “ tentu tidak dapat secara serta merta dibutuhkan proses yang berkelanjutan. Walaupun demikian PT Wahana Bangun Prima melalui proyek perumahan yang dikelolanya telah memulai langkah besar ini. Dewasa pemanfaatan lahan dengan lebih arif dan membuat ruang terbuka yang lebih luas merupakan langkah awal yang patut diapresiasi. Konsep perilaku  “hijau “ juga mulai diterapkan bagi penghuninya antara lain melalui konsep berperilaku  “hijau “ dan praktik hidup  “hijau “ dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu telah dibuat sebuah buku panduan yang berisi tuntuann perilaku  “hijau “. Buku panduan perilaku  “hijau “ ini dibagikan secara cuma-cuma bagi para penghuni kawasan tersebut dengan harapan kawasan ini dapat menjadi contoh bagi kawasan dan lingkungan di sekitarnya.

Leave a Reply