Hunian dengan Desain Modern Masa Kini

Kian terbatasnya lahan hunian serta keinginan kemudahan akses mencapai tempat beraktivitas merupakan pertimbangan semakin banyaknya pembangunan apartemen di perkotaan.

Hunian bertingkat banyak tersebut umumnya dihuni oleh para eksekutif, keluarga muda, dan ekspatriat.

SESUAI DENGAN gaya hidup masyarakat modern yang serbapraktis dan serbacepat, begitu pula dengan penataan interior sebuah show unit apartemen persembahan Margahayu Land di kawasan Jakarta Selatan ini.

Show unit seluas 150 m2 dengan tiga kamar tidur ini didesain dengan gaya m odern. Penggunaan warna putih yang berkesan bersih (clean looks) mendominasi ruang-ruang utama unit apartemen. Saat awal memasuki unit, tim desain dari Metaphor tidak langsung menerapkan ruang untuk beraktivitas. Tamu akan disambut dengan foyer yang cukup luas dengan partisi setinggi dinding berupa rak yang dapat berfungsi untuk memajang koleksi benda seni dan akses ori .

Untuk mengimbangi finishing polos berupa duco putih, terdapat cermin yang ditempatkan selang-seling pada segmen rak.

Refleksi benda-benda yang terpantul dari cermin tersebut pun dapat menambah kesan “semarak”. Adapun salah satu area dinding foyer, juga di-treatment dengan cermin sehingga menambah kesan luas pada ruang.

Bentuk geometris serta tidak terlalu banyak menggunakan detail yang rumit merupakan ciri lain dari gaya modern pada hunian ini. Hal tersebut tecermin pada ruang duduk yang merupakan area pertama setelah melalui foyer. Sebagaimana area foyer, ruang duduk pun terlihat lapang dengan tidak terlalu banyaknya furnitur yang digunakan. Satu unit sofa panjang, bench, side table, dan credenza

dengan bentuk simpel yang merupakan pengisi area ini hadir dalam gradasi warna putih anggun yang senada dengan lantai dan dinding marmer. Kombinasi serbaputih tersebut diberi sentuhan karpet bernuansa cokelat sehingga ruang terasa lebih hangat dan nyaman. Coffee table pun dipilih dengan bentuk silinder dengan material kaca transparan dan rangka metal.

Adapun aksen horizontal berupa ambalan rendah serta dinding yang diceruk dan diberi cermin dan indirect lighting turut menambah kesan luas pada ruang.

Suasana modern dan clean juga hadir pada ruang makan yang berada di seberang ruang duduk. Lantai, aksen dinding, dan meja bar hadir dalam nuansa warna yang sama dengan ruang duduk. llusi ruang yang lebih luas juga berhasil dihadirkan melalui ambalan horizontal yang menerus sepanjang salah satu dinding ruang makan yang bercat putih polos. Lukisan berwarna dengan proporsi memanjang pun berhasil mengimbangi bidang tersebut. Unsur material seperti metal turut membentuk karakter modern pada ruang. Hal tersebut terlihat pada aplikasi kaki meja serta kursi makan dan chandelier yang menggantung tepat di atas meja makan. Treatment lain pada ruangan ini terdapat pada dinding yang dilapis cermin warna yang memantulkan indirect lighting pada dropped ceiling serta diberi aksen berupa ambalan yang juga dilapis cermin. Berbatasan dengan meja bar ruang makan, terdapat area dapur yang hadir dalam nuansa clean yang diperoleh dari kabinet dengan finishing duco putih dengan top table marmer. Aksen cermin tetap diap likasik an pada pintu kabinet gantung. Painted clear glass yang merupak n background cooker hood dim aksud kan agar area tersebut mudah dibersihkan dari noda yang dihasilkan dari proses memasak dengan kompor. Adapun area kamar tidur saling berhadapan yang berada di sisi belakang unit apartemen membentuk koridor yang diberi aksen gold tinted mirror dengan carving abstrak yang terbuat dari Medium-D ensity Fibre board (MDF). Aksen cermin tersebut bert u juan untuk menjaga kesinambungan ruang duduk sampai koridor dengan mat erial yang sama,. Sementara itu, lantai kamar tidur yang merupakan area privat dilapis dengan mat erial berbeda berupa veneer sehingga berkesan lebih “hangat”. Dropped ceiling dengan indirect lighting, cermin hias, dan furnitur dengan finishing duco putih pun merupakan benang merah pada setiap kamar tidur.

Konsep modern and clean looks berhasil hadir dalam unit apartemen ini yang diwujudkan melalui penggunaan warna putih, pemilihan bentuk elemen, furnitur ruang geometris dan simpel, serta material seperti kaca dan metal.

Leave a Reply