Pengaruh Gaya MANHATTAN pada Hunian Masa Kini

Lahan  terbatas  dan gaya hidup serbapraktis serta modern merupakan dua hal yang lazim ditemukan pada masyarakat yang hidup di kawasan urban. Hunian vertikal seperti apartemen merupakan solusi yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat urban.

 

“LESS IS M ORE. Its especially in the apartment where space is at premium. “ Ungkapan inilah yang kemudian mendasari konsep desain sebuah unit apart emen di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Kondisi ruang tinggal yang terbatas menuntut desainer untuk dapat memaksimalkan penggunaan lahan sehingga dapat berfungsi optimal. Selvi Sanu ri dari Design Corner sebagai desainer interior unit apart emen milik keluarga Fanny ini sangat paham tuntutan tersebut. Dengan luas ruang unit apartemen yang hanya 225 m1. Selvi concern mengolah pengaturan alur ruang memilih material yang tepat dan membuat solusi pintar terhadap pengadaaan sarana simpan latar belakang keluarga Fanny dengan empat orang anak  tiga  anak  perempuan  dan satu anak laki-laki merupakan pertimbangan terhadap pemenuhan kebutuhan ruang,. Kondisi unit yang awalnya hanya memiliki dua kamar tidur sekarang ditambah satu  kamar  menjadi tiga kamar tidur yaitu satu kmar utama dengan fasilitas kamar mandi en-suite dan walk in closet. satulcamar untuk anak perempuan dan ruang kamar yang baru bagi si bungsu anak laki-laki Dengan memegang prinsip ruang yang saling berkesinambungan dan menghindari kesan sesak. dinding pembatas kamar anak bungsu sengaja menggunakan material kaca transparan Untuk kepentingan privasi penghuni desainer menyiapkan vertical blind yang sewaktu- waktu dapat ditutup dengan mudah. Adapun ruang yang bersifat semiprivat seperti ruang menonton TV, ruang makan dan pantri sengaja dibuat menyatu dengan alur ruang yang terbuka.

Desain clean look yang tampak simpel dan konsep serbapraktis dipilih sebagai ekspresi hunian dengan latar belalcang hun ian apartemen di kawasan urban. Pemilihan  gaya Manhattan pun dirasa cocok untuk diaplikasikan pada hunian ini. Hal tersebut juga merupakan cerminan karakter keluarga Fanny yang menyukai segala sesuatu yang modern tetapi  tetap  bernilai artistik. Furnitur dengan potongan garis lurus

Komposisi warna hitam, abu­ abu dan putih dengan kombinasi material alami yang tampil dalam bentuk modern berhasil menghadirkan   suasana gaya Manhattan yang cozy untuk sebuah hunian urban.

dan tidak berornamen merupakan  pilihan utama. Pemilik apartemen yang menyukai produk karya desainer ternama memilih furnitur Him and Her Chair karya Fabio Novembre koleksi Casamania yang memberikan tampilan unik di ruang makan dan the woopy armchair karya Karim Rashid koleksi B-Line di ruang menonton TV. Adapun wardrobe tersembunyi tanpa handle yang memberikan tampilan bersih dipilih sebagai furnitur sarana simpan yang maksimal. Selvi mendesain wardrobe dengan mempertimbangkan penempatan benda yang disimpan seperti kemeja, baju, gaun ataupun koper sehingga dapat menciptakan sarana simpan yang optimal. Desainer juga mendesain wardrobe khusus untuk menyimpan koleksi pemilik apartemen berupa handbag dan sepatu seperti pada walk in closet kamar utama selain mendesain di lemari foyer dan ruang makan

Warna hitam, abu-abu dan putih menjadi warna dominan untuk tampilan desain interior bergaya Manhattan ini. Dinding bercat abu- abu dengan treatment pola lengkung dari material multipleks ber-finishing duco putih pada ruang menonton TV yang memberikan kesan lebih fleksibel dan lebih lembut. Ada pula pemasangan plafon yang diberi pola zig­ zag berwarna putih memberikan kesan yang lebih dinamis. Warna hitam dan abu-abu yang dominan tersebut diperoleh pula dari pemilihan material yang banyak menggunakan black mirror dan HPL serta pilihan finishing pada furnitur lain. Adapun warna-warna terang seperti warna merah justru diperoleh dari beberapa aksesori pengisi desain interior yang juga merupakan aksen yang menghidupkan suasana.

Secara keseluruhan desainer berhasil menampilkan konsep desain interior bergaya Manhattan yang intens sehingga dapat memberikan sebuah karakter hunian urban yang modern dan praktis. Selain itu hunian ini juga merupakan sebuah hasil karya seni yang dapat mengekspresikan karakter dari pemiliknya.

Interor

  1. Pada ruang dibuat terbuka dan mengalir mulai dari floyer, pantri , ruang makan sampai ruang menonton TV.
  2. Sebagai hunian berkelas apartemen memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya pemandangan kota yang mempesona terlebih di malam hari.
  3. Sofa kulit hitam, coffee table kaca, karpet shaggy, armchair dan dinding bercat abu-abu yang diberi treatment multipleks finishing duco memberikan tampil elegan dan cenderung lebih tenang
  4. Selain ditata secara cantik, area foyer juga dimanfaatkan sebagai area penyimpanan sepatu koleksi pemilik apartemen yang pintunya didesain menyerupai padded wali menggunakan kain velvet berwarna fuschia yang  “mengejutkan “.
  5. Furnitur Him and Her Chair yang unik dan berkesan playful dikombinasika dengan chandeller yang cantik dan elegan.
  6. Desainer memberikan sentuhan yang lebih natural pada kamar tidur utama untuk mencipatakan suasana yang lebih homey seperti pada lantai parket dan pemilihan warna cokelat. Keindahan lampu-lampu swarovski di plafon seakan-akan menggantikan bintang di langit saat malam hari .
  7. Desainer membuat handbag glass storage pada area walk in closet untuk memperoleh kesan yang lebih ringan dan menghilangkan kesan sesak pada ruangan. Tinted glass digunakan pada pintu lemari wardrope untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas.
  8. Diantara aplikasi material bernuansa natural dan berkesab  “matang’, warna merah pada chandelier memberikan aksen yang menarik.
  9. Balkon dibuat lebih hijau dengan aplikasi rumput artifisial untuk menggantikan halaman yang  “hilang “ pada sebuah apartemen.
  10. Desainer menerapkan konsep desain smart untuk memanfaatkan seriap ruang sebagai sarana simpan tersembunyi. Seperti laci untuk penyimpanan baju dibawah ranjang dan lemari pajangan built-in pada bed head.
  11. Kamar anak remaja permpuan didesain lebih simpel dengan aplikasi HPL white oak yang lembut dan pada finishing seperangkat furniturnya kehadiran toobe floor lamp orange dari Kartail dapat membentuk suasana  “hangat “ di kamar ini.
  12. Kamar anak laki-laki berusia enam tahun ini dibuat lebih playful dengan kombinasi wallpaperberbeda motif dan aksen warna hijau muda yang terang.

Leave a Reply