Rumah dengan Desain yang Akrab dan Kekeluargaan

Rumah merupakan sebuah tempat tinggal bagi pemilik rumah dan keluarganya. Namun, fungsi dan kebutuhan akan rumah bagi setiap keluarga pasti berbeda-beda. Contohnya, pada rumah yang diliput Griya Asri ini. Selain sebagai tempat beristirahat rumah ini juga sebagai tempat keluarga dan kerabat berkumpul dan menjadi tempat menyimpan koleksi benda seni sang pemilik rumah.

BERLOKASI di salah satu kawasan padat Kata Jakarta Selatan, rumah ini berdiri dengan lingkungan yang tetap terasa tenang dan jauh dari suara bising kendaraan. Dedi Panigoro yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia bisnis, ingin mewujudkan sebuah rumah yang nyaman sebagai tempat beristirahat dan tempat berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat. Dalam rangka memenuhi keinginan akan membangun sebuah rumah, Dedi berkonsultasi dengan salah satu kerabatnya, seorang arsitek, Arya Abieta.

Melihat kondisi awal lahan yang berkontur, terutama pada bagian belakang Arya mengajukan konsep rumah dengan lantai basemen untuk mengurangi proses cut and fill. Area semibaser:nen tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai ruang servis dan area kolam renang sesuai dengan permintaan sang pemilik rumah. Adapun lantai satu dan lantai dua merupakan area keluarga yang dibedakan berdasarkan zona publik dan zona privat.

Zona publik di lantai satu terdiri dari ruang makan dan teras outdoor di depan kolam renang. Zona privat di lantai satu diisi oleh ruang menontorn TV privat dan kamar tidur utama. Pada lantai dua pun diisi oleh ruang privat untuk anak-anaknya yaitu dua kamar tidur. Sang pemilik rumah yang senang mengajak berkumpul anggota keluarganya memang membuat ruangan ini tidak banyak diisi furnitur. Pemilik rumah hanya menempatkan meja besar untuk mengisi ruangan tengah atau ruangan makan.

Rumah di atas lahan 1400 m2 ini dibangun dengan konsep modern tropis yang lebih mengutamakan bentuk simpel dengan bukaan­bukaan lebar sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan alami. Bentuk bangunan rumah persegi berbentuk huruf L dengan orientasi

ke arah kolam renang. Bangunan berkonsep modern dan cenderung  “bermain” dengan pola persegi dengan tampilan dinamis yang terlihat dari aplikasi secondary skin pada fasad rumah ini. Pemilik rumah menambahkan lapisan pelat baja laser cutting untuk fungsi secondary skin dan fungsi estetis yang berhasil membuat tampilan rumah yang sudah berdiri beberapa tahun ini berbeda dan unik.

Satu lagi yang menarik perhatian di rumah ini adalah keberadaan tangga melingkar yang berada di tengah ruangan. Tangga melingkar dengan rangka baja dan kombinasi material kayu jati pada bagian food step tampil elegan mengisi ruang dalam rumah. Tangga ini pun menjadi point of interest bagi rumah modern yang biasanya  “bermain” dengan pola geometri. Untuk memberikan kesinambungan bentuk, bidang void pun didesain melengkung. Hal ini juga berhasil memberikan tampilan yang tidak biasa dan unik. Penambahan seperti secondary skin dan keberadaan tangga diusulkan oleh arsitek Budi Pradono.

Pada saat mengolah interior rumah ini, pemilik rumah cenderung memilih elemen bermaterial alami dan mengisinya dengan seperangkat furnitur yang simpel. Misalnya, untuk pengolahan bagian lantai, kayu parket yang  “hangat” menjadi pilihan untuk mengisi lantai ruangan privat seperti area lantai dua dan kamar tidur. Di lantai satu, pemilik rumah menggunakan lantai marmer untuk memberikan tampilan yang elegan. Selain itu, pemilik rumah juga memilih material recycle pada beberapa elemennya. Misalnya, dinding lift yang menggunakan balok kayu bekas sebagai treatment dinding. Balok-balok ini pun ditemui pada dinding pembatas area kolam renang. Penggunaan material kayu juga terlihat pada meja makan yang menggunakan papan kayu bekas kapal.

Dalam interior rumah, bagi Dedi, elemen lukisan tidak dapat dipisahkan dalam ruang interiornya. la yang sangat menyukai seni lukis mengisi setiap sudut rumahnya dengan berbagai lukisan dari beberapa pelukis ternama, termasuk Baron Basuning. Dapat disimpulkan bahwa sebuah rumah menjadi berarti bukan hanya dengan barang-barang pengisinya saja, tetapi juga fungsi rumah sebagai tempat berkumpul yang akan memberikan kehangatan tersendiri, baik bagi pemilik rumah maupun bagi para tamunya. ltulah yang terlihat di rumah milik Dedi Panigoro ini.

Leave a Reply