TAMAN RESOR Yang ROMANTIS

Gagasan awal bermula dari keinginan pemilik resor untuk memberdayakan barang koleksi antik yang semula kurang berfungsi, agar menjadi barang yang lebih bermanfaat. Setelah semuanya dipadupadankan baik bangunan maupun koleksi antiknya jadilah bentuk bangunan pondokan antik dan unik yang ukurannya bervariasi, yang difungsikan sebagai bangunan resor Sentuhan taman natural bergaya tropikal pedesaan mendukung tampilannya dengan mengusung konsep resor yang semula digagas.

 

KOMPLEKS Jadul vilage Resort & Spa Menempati sebuah area terbuka dengan kontur  tanah yang berbentuk seperti mangkuk, di awasan Lembang-Bandung. Konsep taman yang dirancang dan dibangun oleh Reza Anwar dan tim berhasil  “menyulap “ lahan asli berupa padang rumput bekas sawah sampai menjadi taman tropis dan alaml yang mengelilin gi bangunan-bangunan antiknya hanya dalam kurun waktu satu tahun saja.

Reza menerapkan konsep romantis yang mengangkat eksotisme tanaman tropis dan tanaman produktif yang mudah dijump ai di sini tetapi memiliki keind ahan alami. Di antara komposisi softscape tersebut, ditempatkan beberapa benda seni (artwork) antik yang  “tidak semestinya “ ditempat kan di taman sehinggater lihat unik dan ar tistik . Set iap sudut dirancang berbeda untuk menghindari pengulangan dan memberikan  “petualangan ruang “ yang menyatu dengan konsep bangunan.

Konsep eksterior dirancang untuk menegaskan fungsi ruang dan pengelompokan clustering yaitu bangunan penginapan yang terdiri dari vila tipe Gebyok, vila tipe Joglo dan vila tipe Limasan, serta area penunjang seperti spa, lobi dan restoran. Semua cluster berorientasi pada lobi sebagai tltik terendah dengan sebuah  “ruang “ yang dlberi nama Alun-alun sebagai pusat orientasi ruang, berupa hamparan rumput dengan permukaan tanah yang berkontur  dan meninggi kearah luar.

Area taman yang mengelilingi vila tipe Gebyok menampilkan keistimewaan tanah yang berkontur. Komposisi beragam tanaman yang mengelilingi bangunan seolah-olah menjadi pagar hidup. Tanaman yang strukturnya vertikal seperti Heliconia dan Ca/athea rosemary diposisikan pada barisan paling belakang, yang selanjutnya dipadukan dengan tanaman filler yang tumbuhnya ke samping seperti Philodendron sebagai pengisi yang disesuaikan dengan batas pandang penikmat taman. Sudut yang sangat curam kontur tanahnya ditanami dengan pakis ekor monyet (Cyathea sp), dengan tanaman pakis­ pakisan, paku sarang burung atau kadaka yang mengisi celah diantaranya, sehingga menyerupai tebing di pegunungan. Kontur tanah yang menurun curam ke arah jalur pedestrian, dibuat trap, dengan anak tangga yang ditutup dengan batu templek sebagai pijakan agar tetap berkesan bersih dan nyaman.

Vila tipe Joglo berada pada posisi yang lebih datar, sehingga keunikan dan karakteristik unitnya ditampilkan melalui

pemilihan beragam jenis tanaman pisang­ pisangan. Bahkan di beberapa sudut ditanam Strelitzia yaitu tanaman pisang-pisangan yang memiliki bunga yang sangat unik dan eksotis. Demikian pula Heliconia dengan bunganya yang tegak ke atas (Heliconia caribeae) atau yang menjulur ke bawah (He/iconia rostrata).

Karakter tropis dari tanaman yang berdaun lebar tersebut dipadukan dengan kelompok Zingiberaceae yang memiliki kemiripan karakter seperti honje (Etlingera elatior) dan Wax Ginger (Tapeinochilus ananassae) dengan bunganya yang berwarna merah muncul dari permukaan tanah.

Konsep yang berbeda diaplikasikan pada taman yang mengelilingi vila  tipe  Limasan yang dirancang berupa pool garden. Tiga massa bangunan dipasisikan saling menyi ku, dibatasi dengan regal sebagai gerbang menuju ke setiap area vila. Selanjutnya, ketiga regol dihubungkan dengan jembatan yang seolah-olah mengapung di atas kolam teratai. Desain pintu regal yang dibingkai dengan keramik bakar merupakan aksentuasi dan menjadi elemen taman yang eksatis.

Taman yang mengelilingi spa merupakan taman tersembunyi (hidden garden ), karena terletak tersembunyi di balik vila tipe Limasan. Desainer sengaja membuat konsep yang sangat berbeda di dalamnya sehingga memberikan petualangan yang penuh  “kejutan “. Kesan yang sangat luas dan terbuka pada area penerima dan Alun-alun pada area sebelumnya seakan-akan diubah melalui konsep yang liar (wild) penuh detail pada spa pool garden. Massa bangunan antik yang berukuran lebih kecil menjadi bangunan spa, masing-masing dihubungkan dengan jembatan yang seolah­ olah mengapung di atas pool garden. Hampir seluruh permukaan pool tertutup oleh tanaman teratai yang bunganya akan mekar sampai tengah hari. Pola aliran gerakan air diatur tinggi rendahnya dengan membuat  “bendungan “ dari batu kali besar sehingga terjadi pergerakan seperti aliran sungai di alam. Pakis-pakis ekor monyet dipadukan dengan pakis sarang burung, menjadi pengarah menuju ke area yang lebih masuk ke dalam.

Konsep pengembangan taman di seputar restoran berawal dari ide mengangkat suasana rumah bergaya pedesaan di antara sawah seperti yang ditampilkan  “padi subak tourism “ di Bali. Pola irama masa tumbuh tanaman padi yang hanya berumur pendek menampilkan pemandangan yang berbeda yaitu pemandangan masa t anam, masa tumbuh sampai masa padi membentuk bulir dan menguning. Gagasan inilah yang diusung pada konsep area ini.

Kebetulan area restoran berada pada area terbuka dan pada posisi tanah yang sangat curam konturnya, sehingga massa bangunan yang terdiri dari beberapa tipe bangunan resto ditempatkan pada posisi dan ketinggian yang berbeda untuk memberikan dinamika. Di antara massa bangunan tersebut dibuat petakan­ petakan sawah yang bersusun seperti sistem subak di Bali. Di area yang lebih teduh diterapkan taman tropis dengan memadukan beragam pakis sehingga terlihat seperti tebing pegunungan.

Pencahayaan di senja hari dan malam hari merupakan penegas suasana romantis yang ingin ditonjolkan. Penekanan konsep pencahayaan selain untuk keamanan dan orientasi ruang, juga menonjolkan keindahan elemen taman di dalamnya, termasuk keindahan bangunan, tanaman yang berkarakter sampai ke beragam artwork yang menyatu dengan keseluruhan taman dan bangunan. Semua sajian ini merupakan satu kemasan yang memberikan sentuhan personal yang berkarakter.

Leave a Reply