Tren Desain Interior Masa Kini

Perkembangan dunia bergerak sangat cepat melalui kemajuan teknologi yang semakin canggih dan kemudahanakses dari mana saja dan ke mana saja. Tentu saja hal ini turut memengaruhi pergerakan pasar dunia karena berkaitan dengan respons masyarakat yang teraplikasi ke dalam berbagai bidang.

 

RESPONS MASYARAKAT tersebut berakibat kepada pergeseran kebiasaan dan gaya hidup masyarakat yang dibawa ke dalam berbagai bidang kehidupan diantaranya bidang fashion bidang kuliner, bidang entertainment sampai bidang seni, termasuk bidang desain interior. Desain interior merupakansatu ruang dalam yangmenjadi tempat beraktivitas manusia pengisinya. Dalam bidang desain interior sebuah ruangan dituntut untuk memberikan kenyamanan sekaligus keindahan berdasarkan aspek fungsi dan aspek psikologis yang ingin dibentuk. Perkembangan dunia desain interior dipengaruhi oleh perkembangan desainproduk dan desain mebel serta beberapa elemen pendukung seperti warna, aksesori, dan lighting.

Yuni Jie, seorang desainer interior ternama turut mengungkapkan prediksi bagaimana tren desain interior di tahun 2019 ini. Berdasarkan pengamatanyna, perkembangan tren desain interior di tahun 2019 akan mengarah kepada gaya individual yang lebih berkarakter. Setiap orang kini lebih berani berekspresi dan lebih dapat mencari inspirasi dan karakter tersendiri dalam mendesain. Mereka sudah dapat mengakses informasi secara mudah seiring dengan kemajuan teknologi yangsemakin canggihdan menjadi semakin familier bagi masyarakat.

Masyarakat yang semakin mudah terinspirasi dan semakin berani dalam berekspresi, tidak lagi terpaku akan satu penggayaan desain tertentu .

Namun, mereka akan lebih berani untuk menghadirkan kompilasi bentuk­ bentuk yang dirasakan dapat menunjukkan atau mengeluarkan sisi unik dan sisi individu yang berkarakter. Namun,dengan kondisi masyarakat yang semakin disibukkan dengan berbagai aktivitas di luar rumah, mereka akan lebih memilihbentuk-bentuk desain yang simpel dengan perawatan yang mudah. Oleh karena itu, desain interior untuk sebuah rumah akan diprioritaskan juga kepada aspek fungsi yang maksimal yang dapat menjadi tempat pelarian dari hiruk-pikuknyakeadaan di luar rumah.

Adapun elemen pendukung interior seperti warna, warna yang lebih universal akan lebih menonjol jika dibandingkan dengan warna-warna lainnya. Misalnya, warna biru keunguan yang merupakan prediksi colour forecast di Belanda. Warna biru keunguan dirasakan dapat menunjukkan sifat feminin dan sifat maskulin secara bersamaanWarna ini pun merupakan warna yangsangatnyaman secara visual dan terasa nyaman saat kita berada diantaranya karena menghadirkan perasaan yang teduh tetapi tetap trendi.

Di samping semangat berkarya yang lebih bebas dan bernilai individualis tetapi semangat akan nilai ke­Indonesiaan juga turut memengaruhi perkembangan desain interior. Nilai lokal yang berasal dari berbagai budaya di Indonesia kembali diperkenalkan dan menjadi bagian dari elemen pengisi interior. Contohnya, pengolahan pola yang banyak terinspirasi dari ragam hias khas Indonesia. Misalnya, aplikasi kain ikat tenun pada elemen aksesori dan elemen dekorasi seperti pada soft furnishing yang dapat menjadi bagian dari aksen untuk mempercantik sebuah interior. Bersama dengan desainer-desainer ternama lainnya, Yuni Jie juga turut mengisi buku “Woven Indonesia Textile for the Home” yang membahas tentang aplikasi kain ikat tenun pada sebuah interior yang baru saja di-launching Cita Tenun Indonesia bersama lbu Okke Hatta Rajasa.

Leave a Reply