TREN SOHO DENGAN VIRTUAL OFFICE

SOHO alau Small Office Home Office adalah konsep hunian yang memadukan fungsi kantor dan tempat linggal dalam salu tempat. Dewasa ini, konsep SOHO semakin banyak dipilih oleh para pelaku usaha.

Berbagai faktor yang mendukung konsep ini diantaranya karena kemacetan yang semakin parah dan biaya sewa, uang kanlor yang semakin tinggi.

DI SINGAPURA konsep SOHO ini sangat diminati oleh wiraswasta muda. Contohnya, sebuah apartemen proyek Far East Organization di 38 Scotts Road bernama The Scotts Tower.

Di apartemen tersebut banyak unit  yang dihuni oleh para pelaku usaha yang menyiasati operasional bisnisnya dengan berkantor di apartemennya. Hal ini dilatarbelakangi oleh biaya sewa ruang kantor yang tinggi di kawasan Orchard sedangkan mayoritas dari mereka adalah pengusaha pemula. Kondisi seperti ini juga terjadi di Indonesia.

Banyak pengusaha muda di Indonesia khususnya Jakarta, memulai usahanya dengan modal yang terbatas. Dengan demikian, untuk menyewa ruang kantor dengan area minimal yang ditentukan oleh pengelola gedung tentu terasa berat. Apalagi banyak dari para pengusaha muda tersebut berprofesi sebagai arsitek, desainer interior, desainer grafis atau fotografer yang menuntut waktu kerja fleksibel dan tidak seperti waktu normal pekerja kantoran. Kebutuhan akan fleksibilitas waktu kerja dan waktu lembur yang mereka perlukan tentu saja menuntut biaya overtime yang tinggi apabila menyewa ruang kantor pada sebuah gedung. Namun, dengan adanya konsep SOHO, mereka dapat bekerja dari rumah tanpa ada batasan waktu dan tanpa biaya overtime.

Jakarta Design Center (JDC) melalui unit Business Center berupaya mencarikan solusi bagi kebutuhan para pelaku usaha yang hendak menjalankan usahanya dari rumah dengan waktu yang fleksibel tanpa memiliki nilai prestisius bagi bisnisnya di mata para kliennya. JDC Business Center hadir menyediakan pelayanan Virtual Office yang memungkinkan para pelaku usaha unt uk tetap berkantor di rumah tetapi tetap memiliki alamat representatif yang kredibel di salah satu kawasan segitiga emas Jakarta sekaligus memperoleh pelayanan pendukung perkantoran layaknya menyewa ruang kantor pada sebuah gedung perkantoran.

Pelayanan utama dari Virtual Office JDC Business Center adalah alamat kantor yang dapat dipakai oleh para pelaku usaha sebagai referensi kepada para kliennya. Di sampingi tu, sebagai pelayanan komunikasi, para pelaku usaha juga memperoleh pelayanan resepsionis dan operator yang siap menerima sambungan telepon bagi perusahaan dan dilengkapi dengan fasilitas call forwarding. Fasilitas call forwarding memungkinkan para pelaku usaha terhu bung dengan para kliennya melalui pelayanan telepon kantor yang dapat disambungkan ke rumah tempat usahanyaatau ke nomor lain yang dirujuk, bahkan ke nomor di luar kota ataupun nomor handphone. Selain itu, terdapat pula pelayanan pendukung kantor lainnya seperti penerimaan dan pengiriman faksimile serta korespondensi surat dan dokumen.

Para pelaku usaha juga tidak perlu khawatir jikaingin menyelenggarakan pertemuan dengan para klien. Mereka tidak perlu diundang untuk datang ke rumah karena hal tersebut tentu saja tidak praktis dan kurang bergengsi. JDC Business Center menyediakanfasilitas meeting room dan lounge untuk menerima tamu. Dengan terdapatnya fasilitas ini, pertemuan dengan klien akan menjadi lebih mudah dan menjadikan citra bisnis para pelaku usaha lebih kredibel di mata para kliennya.

Dengan menjadi anggota Virtual Office JDC Business Center, para pelaku usaha dapat memperoleh pelayanan perkantoran tanpa perlu membayar biaya sewa lahan kantor yang tentu saja lebih mahal. Tarif yang dipasang relatif murah yaitu mulai dari Rp675.000,00 per bulan (minimum sewa tiga bulan). Paket-paket keanggotaan Virtual Office merupakan alternatif yang sangat mendukung permulaan bisnis para pelaku usaha, baik di Jakarta maupun di luar Jakarta, termasuk di luar Pulau Jawa. Dengan demikian, konsep SOHO semakin menarik untuk dijalankan dengan terdapatnya dukungan pelayanan Virtual Office dari JDC Business Center ini.

Selain itu, bagi Anda para pelaku usaha dengan bisnis yang semakin berkembang, selain dapat memanfaatkan pelayanan Virtual Office, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas Service Office dari JDC Business Center yakni fasilitas penyewaan ruang kantor di salah satu kawasan strategis Jakarta yang bebas 3 in 1.

Leave a Reply